Beranda > unik > Dewi Laksmi

Dewi Laksmi

Menurut Vishnu Purana, Lakshmi adalah putri Bhrigu dan Khyaati dan berada di sorga. Karena kutukan dari Durvasa, dia Swarga kiri dan membuat rumahnya.  Dengan kata lain kekayaan, harta benda, kecantikan, rahmat, menggiurkan, kemuliaan, di dalam Mahabharata.

Kekayaan, kemakmuran, kemurnian, dan kedermawanan selalu dihubungkan dengan Dewi Laksmi. Dewi Laksmi juga diwujudkan dengan sosok yang mempesona. Penyajian-penyajian Lakshmi ditemukan juga di dalam monumen-monumen Budha, yang diketemukan awalnya oleh arkeolog.

Dewi Laksmi adalah pasangan dari Dewa Vishnu. Seperti Rama menikah (di dalam  inkarnasi nya seperti Sita) dan Krishna sebagai Rukmini. Evolusi dan Legenda-legenda Deva dan Asura kedua-duanya  mereka mengocok samudra dari susu. Wisnu sebagai kurma Awatara,” kura-kura darat yang di atasnya ditempatkan sebuah gunung.

Dalam wujudnya ini, Dewa Siwa memberikan kekebalan kepada seorang gadis cantik jelita Lakshmi, putri raja samudra yang seperti susu. Terakhir dimunculkan adalah” madu dari kekekalan. Kemudian Dewi Laksmi dinikahinya.

Menurut Vishnu Purana, Lakshmi adalah putri Bhrigu dan Khyaati dan berada di sorga. Tetapi karena kutukan dari Durvasa, dia Swarga kiri dan membuat rumahnya.  Dengan kata lain kekayaan, harta benda, kecantikan, rahmat , menggiurkan, kemuliaan, di dalam Mahabharata.

Mahalakshmi adalah kepemimpinan terbaik dari peristiwa terkecil dari Devi Mahatmya.  .Di sini dia dilukiskan ketika Devi di dalam  wujud universalnya seperti Shakti. Devi untuk membunuh Mahishasura dibentuk oleh cahaya-cahaya dari semua para dewa.

Dewi Laksmi digambarkan ketika delapan belas dawai bantalan bersenjata embun/manik-manik-embun/manik-manik, kapak bergagang panjang, simpang siur jalan, panah, halilintar, bunga teratai, busur, cerek penyiram, tongkat, tombak, pedang, perisai, bel, anggur, cangkir; piala, trisula, simpul tali gantungan dan cakram sudarsana. Dia mempunyai suatu kompleksitas. Dewi Laksmi didudukkan di suatu bunga teratai. Dia juga dikenal sebagai Ashta Dasa Bhuja Maha Lakshmi. Dia dilihat pada dua wujud, Bhudevi dan Sridevi, kedua-duanya yang manapun sisi  dari Sri Venkateshwara atau Vishnu. Bhudevi adalah penyajian dan secara total dari Material dunia atau energi Bumi.

Lakshmi adalah kuasa (tenaga dan Maya dari Tuhan Vishnu. Semua dewi berbeda  di dalam kuil untuk semua dewa Hindu adalah penjelmaan-penjelmaan, atau wujud-wujud berbeda Lakshmi. Kehadiran Mahalakshmi adalah juga ditemukan di Tuhan  Sri Venkateswara atau dada Vishnu, pada hatinya. Lakshmi adalah perwujudan Dari Cinta. Dia adalah juga personifikation energi spiritual di dalam kita (kami dan alam semesta memanggil Kundalini.

Dia dikenal sebagai sangat lekat dihubungkan dengan Bunga teratai, dan banyak nama yang dihubungkan dengan bunga. Seperti : Padma, Kamala, Padmapriya : Orang yang seperti bunga teratai. Padmamaladhara devi : Orang yang memakai suatu karangan bunga dari bunga teratai. Padma mukhi : sebagian wajahnya adalah sebagai bunga teratai. Padmakshi, Padmahasta, Padmasundari: Orang yang adalah sebagai indah/cantik sebagai suatu bunga teratai. Vishnupriya, Ulkavahini: Orang yang mengendarai burung hantu.

Nama-nama yang lainnya memasukkan: Rama, Indira, Manushri, Chakrika, Kamalika, Lalima, Nandika, Rujula ,Vaishnavi, Narayani, Bhargavi, Sridevi, Chanchala, Bhumi Devi,  Jalaja, dan Aiswarya adalah juga dikenal sebagai Jaganmaatha (ibu dari segalanya) di dalam Shri Mahalakshmi Ashtakam.

Secara phisik, Dewi Lakshmi digambarkan sebagai suatu Ibu jujur, dengan empat lengan, berpakaian bagus dan permata-permata mahal, menganugerahkan koin-koin dari kemakmuran dan diapit oleh gajah-gajah menandakan kuasa. Fitur paling mencolok dari ilmu arca dari Lakshmi adalah bunga teratai. Arti dari bunga teratai dalam hubungan dengan Shri Lakshmi mengacu pada kemurnian dan kuasa rohani. Memakukan di dalam lumpur tetapi bunga di atas air, dengan sepenuhnya tidak terjangkit oleh lumpur, bunga teratai mewakili kesempurnaan upacara agama dan otoritas yang naik di atas pencemaran duniawi.

Perayaan  di dalam Hindu masyarakat

Pemujaan untuk Dewi Laksmi kebanyakan di Diwali. Menurut orang-orang tradisi akan menaruh lampu minyak kecil di luar rumah-rumah mereka di Diwali dan harapan Lakshmi akan datang untuk memberkati mereka. Selama satu malam ketika bulan purnama itu percaya, dia kekayaan akan muncul.

Mereka memuja Dewi Laksmi bertujuan untuk memperoleh atau untuk memelihara kekayaan. Kekayaan akan datang diyakini bila saja rumah itu semua yang bersih dan di mana orang-orang adalah bekerja keras. Dan tidak mengunjungi tempat-tempat yang kotor/kotor atau di mana orang-orang  malas.

Gaja Lakshmi Puja

Gaja Lakshmi Puja dirayakan di dalam Sharad Purnima, penuh bulan hari di dalam Oriya bulan dari Aswina (September-October). Musim gugur ini festival adalah salah satu dari festival paling populer dan penting dari Orissa. Dewi dari kekayaan dipuja untuk suatu hari dan dalam beberapa menempatkannya dirayakan selama 7 hingga10 hari. dan festival dengan taat dirayakan oleh komunitas pebinis. Di mana-mana Orissa secara mewah menghias dan gambaran-gambaran indah/cantik dibuat dari Lakshmi.

About these ads
Kategori:unik
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: