Beranda > Utama > Selamatkan Bayi : Bekali Jimat Penolak Jin

Selamatkan Bayi : Bekali Jimat Penolak Jin

Hati-hatilah menjaga rare, terutama rare yang baru lahir. Salah jaga, orang jahat gampang menyakiti. Untuk itulah, rare perlu dibekali atau ditangkal dengan jimat khusus untuk rare sebagai penolak jin, setan, sihir dan kekuatan jahat lainnya.

Terkadang bayi selalu crewet (alias nyenye = bhs. Bali), suka nangis, bahkan selalu gelisah. Malam-malam nangis tanpa sebab. Menurut balian spesialis jimat, bayi baru lahir sudah bisa dibekali dengan rarajahan atau jimat. Jimat untuk rare disebut dengan Jimat Rare (baca bayi) penolak jin. Jimat tersebut kalau bayi baru lahir bisa dikemas dengan bentuk gelang dari kain putih yang melingkar di kaki atau di tangannya.

Kain ini di dalamnya diisi dengan rerajahan penolak jin. Hal itu diisyaratkan balian I Wayan Gulung yang tinggal di Banjar Selanbawak Kaja, Desa Selanbawak, Kecamatan Marga, Tabanan. Menurut balian yang sudah tenar dengan spesialis jimat ini, dirinya sudah banyak menolong rare dengan jimat. Rare yang sudah sakit parah pun bisa sembuh hanya dengan jimat.

Pasalnya, ujar balian yang jarang pakai baju di rumahnya, bayi sangat rentan dengan orang-orang jahat. “Khan sering bayi dicolek-colek walaupun kesannya hanya iseng, atau bercanda. Siapa tahu di balik colekan itu ada niat-niat yang tidak baik,” ingat balian yang suka memelihara ayam jago ini.

Dia meyakinkan dengan kalender, hampir tiap hari ada saja yang memesan jimat untuk kepentingan baik. Artinya berjaga-jaga agar tidak tertimpa hal-hal yang bersifat jahat, misalnya godaan jin, setan, aji ugig dan ilmu-ilmu jahat lainnya. Wayan Gulung yang kini setia menunggu orang yang datang untuk ditolong, selalu memberikan pesan agar hidup ini dibekali dengan jimat. “Jimat ini tidak ada tujuan jahat, semata-mata untuk tujuan baik,” tuturnya menegaskan.

Kembali kepada jimat bayi, dirinya paham dan tahu, kondisi labil pada bayi jangan dianggap enteng. Dirinya tahu, semenjak bayi lahir hingga lima tahun ke depan, dijaga oleh Sanghyang Kumara. Tapi, tidak menutup kemungkinan bayi mendapat serangan berat dari orang yang berniat jahat. Siapa tahu, aci-aci kepada Dewa Kumara kurang beres, sehingga bisa saja bayi  dimasuki roh-roh jahat.

Lebih lanjut, tegas balian yang kini berusia kurang lebih 65 tahun,  bayi yang sudah dibekali jimat penolak jin, akan aman sampai kapan pun. Walau terjadi kecelakaan pun bayi akan aman. Tidak lagi kekuatan jahat berani masuk, pun tidak akan crewet dan sakit-sakitan.

Kalau ingin mendapatkan jimat penolak jin kepada balian Wayan Gulung, datang saja dengan bawa atau tidak usah bawa canang. Karena dilakukan perjanjian dulu dengan mengetahui oton, kelahiran, nama dari bayi yang akan dibuatkan jimat. Kalau sudah cocok, barulah ada waktu datang lagi  kapan akan diberikan atau jimat itu diambil.

Biasanya, ujar Wayan Gulung, paling cepat dua hari. Karena dibutuhkan hari baik dalam membuat jimat tersebut. Masalah harga, khusus untuk rare, dirinya tidak pernah mematok sesari. “Ini tugas untuk menolong orang, terutama bagi rare atau orang sakit, beda dengan jimat yang tujuannya ngalih gae, usaha dan keperluan lainnya di luar sakit atau jimat bayi,” paparnya dengan santai.

selebihnya baca Tabloid Bali Aga Edisi 1 tahun 2009

Kategori:Utama
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: